RSS

Beda Sunat Laser dan Sunat Biasa

26 Feb

Sunat (sirkumsisi) adalah tindakan membuang kulit (frenulum) yang menutupi kepala alat kelamin pria.

Dulu sunat dilakukan dengan cara tradisional, yaitu memotong kulit penis dengan pisau atau sembilu. Setelah pemotongan, tidak dilakukan penjahitan. Kadang-kadang pada bekas potongan dioleskan ramuan dengan harapan lebih cepat sembuh.

Saat ini, sunat tradisional sudah mulai ditinggalkan. Masyarakat banyak yang beralih ke sunat modern yang lebih aman dan hasilnya lebih baik.

Sunat modern banyak ragamnya. Mulai dari cara biasa menggunakan gunting bedah, cara listrik (kauter), maupun menggunakan sinar laser. Teknik sunat menggunakan alat potong listrik atau kauter sering disalahartikan oleh sebagian orang dengan menganggapnya sebagai sunat laser. Padahal sunat laser betul-betul menggunakan sinar laser dan jarang sekali dilakukan kecuali di rumah sakit tertentu yang mempunyai alat laser, yang harganya mahal.

Perbedaan sunat kauter dengan sunat biasa

Perbedaannya utamanya adalah pada cara pemotongan. Sedangkan cara pembiusan hampir sama, demikian pula dengan perawatan setelah sunat.

Pada sunat biasa digunakan gunting bedah. Akibatnya perdarahan lebih banyak dan luka lebih lama kering. Selain itu, biasanya dibutuhkan lebih banyak jahitan. Prosedur sunat pun kadang-kadang relatif lebih lama dibanding sunat kauter.

Sedangkan pada sunat kauter, pemotongan kulit penis menggunakan kawat yang telah dipanaskan sampai membara dengan aliran listrik. Karena pada saat pemotongan jaringan dan pembuluh darah mengalami pematangan (koagulasi) maka perdarahan relatif lebih sedikit atau bahkan tidak ada. Selain itu, luka pada sunat kauter lebih cepat kering, walaupun demikian bengkaknya lebih lama.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 Februari 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: